June 17, 2024

Sejak kemarin nama Farel Prayoga viral di media sosial. Dia menjadi perbincangan setelah menjadi bintang tamu bernyanyi pada Upacara HUT Ke 77 RI di Istana Merdeka Jakarta. Farel membuat heboh seluruh peserta upacara saat membawakan lagu 'Ojo Dibandingke'.

Bahkan Presiden Jokowi tertawa dan tepuk tangan mendengar Farel bernyanyi. Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri bahkan ikut berjoget. Farel adalah penyanyi cilik asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dia lahir pada 8 Agustus 2010. Saat ini Farel tercatat sebagai siswa kelas 6 SD Negeri 2 Kepundungan, Srono, Banyuwangi. Ia adalah anak ketiga dari pasangan Joko Suyoto (43) dan Siti Mujayanah (41). Farel dan keluarganya tinggal di Dusun Sumberejo RT 02 RW 01, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono.

Joko, ayah Farek bercerita ia dan sang istri tak mendampingi Farel ke Istana Merdeka Jakarta dengan alasan minder. "Kami hanya orang kampung biasa, kalau semisal ikut bersama ndak enak. Kasihan si Farel. Apalagi ketemu para pejabat negara, Pak Presiden," ujar pria yang bekerja sebagai pengepul buah pinang itu. Ia sendiri mengaku tak menyangka penampilannya anaknya menjadi perhatian publik.

"Benar benar tidak menyangka anak saya bisa sampai seperti ini. Saya kira pas diundang di Jakarta biasa saja, ternyata jadi ramai," ungkapnya. Saat Farel bernyanyi, Joko mengaku melihat penampilan anaknya melalui YouTube karena tak memiliki televisi. "Kita lihat lewat YouTube, TV kami tersambar petir. Jadi ndak punya TV," kata Joko saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Kamis (18/8/2022).

Baru setelah penampilan Farel viral, mereka menyaksikan anak ketiganya melalui televisi milik tetangga. "Kita lihat TV di tetangga, masih belum sempat diperbaiki soalnya," ujar Joko. Hal senada juga disampaikan ibu Farel, Siti.

Hingga saat ini, ia masih tak percaya anaknya bertemu Presiden Jokowi. "Saya masih tidak percaya, saya dengar dari cerita cerita tetangga katanya Farel masuk TV, ketemu presiden di Jakarta," ucap Siti. Menurut Siti tak ada persiapan khusus untuk Farel saat tampil di Istana Negara.

Bahkan baju yang kenakan saat menyanyi adalah baju adat hitam dan udeng batik (penutup kelapa) yang sehari hati digunakan sebagai seragam SD Negeri 2 Kepundungan. "Iya pakai baju seragam adat sekolah, karena ndak punya baju adat lain. Jadi tidak ada persiapan khusus," ujar Siti. Dia mengungkapkan bakat Farel mulai terlihat sejak masih balita.

Farel kecil sering menyanyi sendiri. "Sering nyanyi sendiri dulu di depan TV, pokoknya kalau ada musik dia langsung spontan menirukan," ujar Siti. Farel yang tampil mengenakan seragam sekolah juga membuat guru gurunya terkejut.

"Kami tidak menyangka, pas waktu tampil kami kaget. Lho ternyata pakai seragam sekolah," kata Kepala Sekolah SD Negeri 2 Kepundungan, Ambarwati, kepada Kompas.com, Kamis (18/8/2022). Ambarwati mengira saat tampil di Jakarta, Farel menggunakan pakaian lain. "Saya kira menggunakan pakaian lain, apa gitu, ternyata tidak. Kami kaget," cerita Ambarwati sambil menangis haru.

Ambarwati mengaku bangga melihat Farel memakai pakaian adat yang merupakan seragam sekolah itu saat tampil di Istana Negara. "Tidak apa apa, kami bangga. Tapi kami terharu melihat Fareh tampil luar biasa," ucap Ambarwati. Saat Farel tampil di depan Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat negara, Ambarwati beserta para tenaga pendidik di sekolah mengaku ikut deg degan.

Para guru khawatir Farel salah mengucapkan lirik saat bernyanyi. Kenyataannya, penampilan Farel di luar dugaan mereka. Farel bisa membawakan lagu dengan apik.

"Alhamdulillah sukses, saya sampai nangis haru lihat penampilan ananda Farel," kata Ambarwati. Tampil di Istana Negara,Farel Prayoga membawakan lagu 'Ojo Dibandingke'. Penyanyi cilik kelahiran 8 Agustus 2010, itu menggunakan baju adat khas Suku Osing.

Selain baju adat, Farel mengenakan udeng atau penutup kepala motif batik kuning. Pakaian itu merupakan setelan seragam SD Negeri 2 Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi, yang biasa dipakai para siswa setiap Rabu dan Kamis. Hal itu membuat para guru di sekolah Farel kaget. Mereka tak menyangka siswanya memakai seragam sekolah saat bertemu Presiden Jokowi.

Sosok Farel memang dikenal sebagai anak periang. Bocah kelas 6 tersebut dikenal supel dan mudah bergaul. "Dia baik anaknya, bahkan juga berprestasi," ungkapnya. Farel juga kerap mengikuti lomba menyanyi mewakili sekolah, baik di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

"Beberapa lomba kami ikutkan, memang dia punya bakat seni," terangnya. Selain menyanyi, Farel ternyata juga punya bakat menari. Farel beberapa kali tampil di sekolah dan diundang dari panggung ke panggung. Ambarwati bercerita, saat hendak ke Jakarta sebenarnya Farel akan tampil mengisi acara menyanyi di kecamatan.

"Ibunya pamit ke kami, katanya Farel mau ke Jakarta ada undangan upacara HUT RI ke 77 sama Pak Presiden. Saya kaget, kami persilakan, kami dukung penuh," tutur Ambarwati. Ternyata setelah tampil menghibur saat upacara kemerdekaan di Istana Negara, penampilan Farel di luar dugaan. Farel sukses meraih simpati publik. "Sampai kemudian nyanyian yang dibawakan Farel viral di media sosial," ucapnya.

Meski demikian, Ambarwati tetap berharap Farel dapat terus mengutamakan pendidikannya. "Kami berharap Farel tetap mengutamakan pendidikan, sesuai arahan juga dari Pak Jokowi. Karena yang utama, jangan putus sampai di sini," tutup Ambarwati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *