February 21, 2024
cara menghilangkan ngilu pada gigi

Gigi yang terasa ngilu dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan mengganggu. Penyebab gigi ngilu bisa bervariasi, tetapi umumnya terkait dengan kerusakan atau iritasi pada lapisan-lapisan gigi dan jaringan sekitarnya. Penting untuk mengetahui penyebab ngilu ini sebelum mencari tahu cara menghilangkan ngilu pada gigi.

Penyebab Gigi Ngilu

  1. Gigi Sensitif: Ini adalah penyebab paling umum dari sensasi ngilu pada gigi. Saat lapisan email yang melindungi gigi menjadi aus atau terkikis, bagian sensitif dari gigi yang disebut dentin dapat terbuka. Dentin mengandung saluran-saluran mikroskopis yang terhubung dengan saraf gigi, sehingga rangsangan seperti makanan panas, dingin, manis, atau asam dapat memicu ngilu.
  2. Gigi Berlubang (Karies): Jika plak bakteri tidak dihilangkan dari permukaan gigi melalui kebersihan yang baik, bakteri ini bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan karies atau gigi berlubang. Karies yang cukup dalam dapat mencapai dentin dan memicu sensasi ngilu.
  3. Retraksi Gusi: Ketika gusi mulai mundur atau terasa tertarik dari gigi, bagian sensitif dari gigi yang biasanya dilindungi oleh gusi menjadi terbuka. Hal ini dapat mengakibatkan ngilu ketika makan atau minum.
  4. Penyakit Gusi (Gingivitis atau Periodontitis): Infeksi pada jaringan gusi dapat merusak jaringan pendukung gigi. Kondisi ini dapat memicu ngilu, terutama saat Anda mengunyah atau membersihkan gigi.
  5. Patah atau Retaknya Gigi: Cedera pada gigi, seperti patah atau retak, dapat mengakibatkan gangguan pada saraf di dalam gigi dan menyebabkan ngilu.
  6. Infeksi atau Abses Gigi: Infeksi pada jaringan di sekitar akar gigi, yang biasanya disebabkan oleh bakteri, dapat memicu nyeri hebat dan ngilu.
  7. Penyakit atau Kondisi Medis Lainnya: Beberapa kondisi medis seperti sinusitis atau masalah pada rahang juga bisa memicu sensasi ngilu pada area gigi.

Cara Mengatasi Gigi yang Sering Terasa Ngilu

  1. Pilihlah Pasta Gigi Khusus untuk Gigi Sensitif: Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi gigi yang sering ngilu adalah dengan menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi seperti Pepsodent Sensi-Relief mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi sensasi ngilu dan melindungi lapisan enamel gigi.
  2. Hindari Makanan dan Minuman Asam: Makanan dan minuman asam bisa merusak lapisan enamel gigi dan meningkatkan sensitivitas. Hindarilah konsumsi makanan seperti jeruk, tomat, dan minuman berkarbonasi. Jika Anda mengonsumsi makanan asam, segeralah berkumur dengan air bersih untuk mengurangi dampaknya.
  3. Rajin Menggunakan Benang Gigi: Kebersihan gigi dan gusi sangat penting untuk menghindari masalah gigi sensitif. Rajinlah membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan dan plak yang bisa menyebabkan ngilu.
  4. Hindari Menyikat Gigi Terlalu Keras: Menyikat gigi dengan terlalu keras dapat merusak lapisan enamel gigi dan mengakibatkan sensitivitas. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan tekanan yang lembut saat menyikat gigi.
  5. Gunakan Pelindung Gigi Saat Mengger grinding: Jika Anda cenderung menggemeretakkan gigi saat tidur (bruxism), gunakan pelindung gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Bruxism dapat merusak enamel gigi dan memicu sensasi ngilu.
  6. Kurangi Konsumsi Minuman Panas atau Dingin Secara Berlebihan: Minuman panas atau dingin secara berlebihan dapat memicu reaksi sensitivitas pada gigi. Cobalah untuk menghindari minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, terutama jika Anda sudah memiliki masalah gigi sensitif.
  7. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur: Jangan abaikan kunjungan rutin ke dokter gigi. Dokter gigi dapat memberikan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan saran yang tepat untuk mengatasi masalah gigi sensitif.

Rekomendasi Pasta Gigi Untuk Mengatasi Gigi Ngilu

Jika Anda mencari pasta gigi yang efektif untuk mengatasi gigi yang sering ngilu, Pepsodent Sensi-Relief adalah pilihan yang baik. Dengan kandungan khusus untuk meredakan sensitivitas gigi, pasta gigi ini dapat membantu Anda merasakan kenyamanan saat makan dan minum tanpa merasakan ngilu. Dengan penggunaan rutin, Anda dapat mengurangi sensasi ngilu dan menjaga kesehatan gigi Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika masalah gigi sensitif Anda terus berlanjut atau memburuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *