February 22, 2024

Pasukan Ukraina telah menembus pertahanan Rusia di selatan negara itu sambil memperluas serangan cepat mereka di timur. Ukraina merebut kembali lebih banyak wilayah di daerah daerah yang dicaplok oleh Rusia dan mengancam jalur pasokan pasukan Kremlin. Membuat terobosan terbesar mereka di selatan sejak perang dimulai, pasukan Ukraina merebut kembali beberapa desa di sepanjang Sungai Dnipro yang strategis pada Senin (3/10/2022).

Demikian dikatakan oleh pejabat Ukraina dan pemimpin Rusia di daerah itu. Pasukan Ukraina di selatan menghancurkan 31 tank Rusia dan satu peluncur roket ganda, kata komando operasional selatan militer. Namun, dia tidak memberikan rincian di mana pertempuran itu terjadi.

Terobosan selatan mencerminkan kemajuan Ukraina baru baru ini di timur bahkan ketika Rusia telah mencoba meningkatkan taruhannya dengan mencaplok tanah, memerintahkan mobilisasi, dan mengancam pembalasan nuklir. Ukraina telah membuat kemajuan signifikan di dua dari empat wilayah yang diduduki Rusia yang dicaplok Moskow pekan lalu setelah referendum. Sebagai tanda bahwa Ukraina sedang membangun momentum di front timur, Reuters melihat barisan kendaraan militer Ukraina pada hari Senin untuk memperkuat pusat kereta api Lyman, direbut kembali pada akhir pekan, dan sebuah pos pementasan untuk menekan ke wilayah Donbas.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan tentara Ukraina telah merebut kembali kota kota di sejumlah daerah, tanpa memberikan rincian. “Pusat pusat populasi baru telah dibebaskan di beberapa wilayah. Pertempuran sengit sedang terjadi di beberapa sektor garis depan,” kata Zelensky, dilansir dari . Serhiy Gaidai, gubernur Luhansk mengatakan pasukan Rusia telah mengambil alih sebuah rumah sakit jiwa di kota Svatovo, target dalam perjalanan untuk merebut kembali kota kota besar Lysychansk dan Sivierodonetsk.

"Ada jaringan ruang bawah tanah di gedung itu dan mereka mengambil posisi bertahan," katanya kepada televisi Ukraina. Di selatan, pasukan Ukraina merebut kembali kota Dudchany di sepanjang tepi barat Sungai Dnipro, yang membelah negara itu, kata Vladimir Saldo, pemimpin yang ditempatkan Rusia di bagian provinsi Kherson Ukraina yang diduduki. "Ada pemukiman yang diduduki oleh pasukan Ukraina," kata Saldo.

Dudchany terletak sekitar 30 km selatan dari tempat front berdiri sebelum terobosan hari Senin, menunjukkan kemajuan perang tercepat di selatan. Pasukan Rusia di sana telah ditempatkan di posisi yang diperkuat di sepanjang garis depan yang sebagian besar statis sejak minggu minggu awal invasi. Sementara Ukraina belum memberikan laporan lengkap tentang perkembangannya, pejabat militer dan regional memang merilis beberapa rincian.

Tentara dari Brigade Serangan Gunung ke 128 Ukraina mengibarkan bendera nasional biru dan kuning di Myrolyubivka, sebuah desa antara bekas front dan Dnipro, menurut sebuah video yang dirilis oleh kementerian pertahanan. Serhiy Khlan, seorang anggota dewan regional Kherson, mendaftar empat desa lain yang direbut kembali atau di mana tentara Ukraina telah difoto. "Itu berarti angkatan bersenjata kami bergerak dengan kuat di sepanjang tepi Dnipro lebih dekat ke Beryslav," katanya.

Kemajuan selatan menargetkan jalur pasokan sebanyak 25.000 tentara Rusia di tepi barat Dnipro. Ukraina telah menghancurkan jembatan utama sungai, memaksa pasukan Rusia untuk menggunakan penyeberangan darurat. Sebuah kemajuan besar hilir bisa memotong mereka sepenuhnya.

"Fakta bahwa kami telah menembus garis depan berarti … tentara Rusia telah kehilangan kemampuan untuk menyerang, dan hari ini atau besok bisa kehilangan kemampuan untuk bertahan," kata Oleh Zhdanov, seorang analis militer yang berbasis di Kyiv. Ukraina tampaknya berada di jalur untuk mencapai beberapa tujuan medan perangnya, memberinya "posisi pertahanan yang jauh lebih baik untuk mengatasi apa yang mungkin akan menjadi peredaan pertempuran panas selama musim dingin", Celeste Wallander, seorang pejabat senior Pentagon, mengatakan pada hari Senin. Hanya beberapa jam setelah konser di Lapangan Merah Moskow pada hari Jumat di mana Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan provinsi Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia menjadi wilayah Rusia selamanya, Ukraina merebut kembali Lyman, benteng utama Rusia di utara provinsi Donetsk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *